Kamis, 23 Oktober 2014

RTT

Trafik dengan Parameter Round Trip Time (RTT)
Pendahuluan

 Monitoring jaringan merupakan salah satu bagian dalam manajemen jaringan dimana monitoring berfungsi untuk mengevaluasi performa dan untuk melihat efisiensi dan stabilitas operasional. Analisa dan monitoring trafik diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan dengan penggunaan analisa statistik untuk memperoleh karakteristik trafik. Statistik ini menggambarkan tentang kualitas layanan dan trafik jaringan. Karena adanya keragaman kebutuhan bandwidth oleh trafik yang dihasilkan dari aplikasi berbeda.
Pada percobaan ini monitoring trafik jaringan menggunakan PING (Packet Internet Gopher) yang digunakan untuk menguji kemampuan sebuah host berkomunikasi atau mengirim data ke luar (www.mangaku.com). Perintah dari ping ini akan nenunjukkan jumlah data yang hilang sewaktu berkomunikasi dan time to live (TTL). Dan juga kita melihat  Round Trip Time (RTT), yaitu waktu yang diperlukan oleh suatu sinyal atau paket data untuk berjalan dari sumber ke tujuan dan kembali lagi ke sumber. Waktu yang sedikit berarti trafik bagus sedangkan jika RTT nya besar berarti trafik tidak bagus.
Dengan menggunakan data yang didapat dari ping kemudian dicari nilai PDF (Probability Density Function) yang menyatakan nilai kemungkinan dari setiap kejadian dan nilai CDF (Cumulative Density Function) yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu, setelah itu dari hasilnya maka akan didapat informasi mengenai kinerja dari jaringan dan tentang prediksi yang berhubungan dengan kinerja jaringan tersebut. Percobaan ini dilakukan tes ping kesalah satu situs komik dan film cartoon yang servernya www.mangaku.com

Langkah pengujian

1. Membuka  command prompt di "run".


2. mengetikkan "ping www.mangak
u.com -n 12 -l 8 -i 255 >8.txt"seperti gambar berikut:


hasil data kecepata yang di request akan tersimpan di local disk C:/user/ahmad.hsb dalam notped. "www.mangaku.com" artinya perintah ping ke website,"-n15" saya melakukan 15 pengambilan data atau iterasi, "-l 8 ukuran paket icmp yang dipakai 8byte, "-i 225" time to live/TTL, ">8.txt" data tersebut di simpan pada notepad file tersebut di “local disk C: users/ahmad.hsb/8.txt”.


                                       

Dapat dilihat bahwa reply data paket terjadi 15 data dalam satu paket, terjadi loss 1 data menyebabkan data yang diterima adalah 14 data, kecepatan data terkecil adalah 72ms, data kecepatan maksimum adalah 244ms, dan rata-rata kecpatan adalah 117ms. saya mencoba request kecepatan data sebayak 12 kali dalam ukuran paket yang berbeda dan menghasilkan data sebagai berikut:



hasil percobaan dalam bentuk grafik



Kesimpulan

1. Terjadinya loss disebabkan koneksi lambat atau tidak stabil.
2. Semakin besar ukuran paket data, maka semakin besar pula RTT nya jika kondisi trafik jaringan         sedang bagus dan stabil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar