Selasa, 11 November 2014

Pratikum 4 :Konfigurasi FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan koneksi TCP dengan port 21. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

            FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

              FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, me-rename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
·         Sharing data
·         Menyediakan indirect atau implicit remote computer
·         Menyediakan tempat penyimpanan bagi user
·         Menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
Saat proses transfer data melalui internet, 4 representasi data dapat digunakan, yaitu:
·         Mode image/image mode (binary mode): mesin pengirim mengirim setiap data per byte dan penerima menyimpan bytestream saat menerimanya. Mode ini direkomendasikan untuk semua implementasi FTP.
·         Mode EBCDIC: mode ini mirip seperti mode ASCII, hanya proses pengiriman dan penerimaan data menggunakan EBDIC character set.
·         Mode lokal/local mode: memungkinkan dua komputer dengan setup yang identik untuk saling mengirim data, tanpa perlu konversi data ke ASCII.
Proses transfer data pada FTP bisa dilakukan dengan 3 mode, yaitu:
·         Mode stream: data dikirim secara terus menerus, FTP tidak melakukan proses apapun namun semua proses diserahkan pada komunikasi TCP. Dalam mode ini, tidak dibutuhkan indikator tanda akhir file, kecuali data dibagi ke dalam suatu records.
·         Mode block: FTP membagi data menjadi beberapa block (block header, byte count, dan data field) setelah itu data dikirim melalui TCP.
·         Mode compressed: data dikompres menggunakan satu algoritma (biasanya Run-length encoding).
 
berikut langkah - langkah membuat FTP :
1.kita akan menginstall proftd dengan mengetikkan : apt-get install proftpd
 disini kita akan memilih "standalone" lalu kita enter


2.selanjutnya kita akan mensetting ftp dengan mengetikkan /etc/proftpd/proftpd.conf . ikuti gambar dibawah ini


3.setelah itu kita akan merestart configurasi FTP kita tadi dengan mengetikkan /etc/initd.d/proftpd restart . setelah itu kita akan membuka salah satu browser pada pc kita , dan kita masukkan kode ip address kita seperti contoh pada gambar dibawah ini , saya menggunakan ip address 172.16.30.10



4.setelah kita memasukkan username dan password akun pada pc kita ,maka akan mucul tampilan hasil konfigurasi FTP kita tadi seperti pada gambar dibawah ini . kita juga dapat menggunakan perintah localhost untuk menampilkannya
 
sekian dari hasil pratikum saya , mohon maaf bilad ada kesalahan penulisan . terimakasih :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar