Rabu, 19 November 2014

voip server

CARA MEMBUAT SERVER VOIP PADA UBUNTU



Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP). Salah satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah ''software'' aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.
Pada praktikum ini dengan menggunakan sofrware  X-Lite. X-Lite adalah sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP(Session Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh CounterPath.  ada 2 release yang telah dikeluarkan untuk aplikasi ini yang mempunyai perbedaan feature. X-Lite 2.0 digunakan untuk Macintosh dan Linux yang menggunakan X-Pro code base dan X-Lite 3.0 untuk windows yang menggunakan eveBeam code base. X-lite 2.0 hanya untuk suara saja sedangkan X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.

* Instalasi  Asterisk
   dengan perintah
     sudo apt-get install asterisk

 *sudo apt-get insta Konfigurasi file asterisk
   dengan perintah:
    gedit /etc/asterisk/sip.confl asterisk


* Konfigurasi extension.conf, ketikan perintah pada terminal

    gedit /etc/asterisk/extensions.conf


  *Lakukan restart asterisk nya

    /etc/init.d/asterisk restart


mencoba untu menghubungi dengan memasukan nomor ekstensi yang telah di setting. Gambar berikut menandakan telah berhasilnya percobaan yang telah dilakukan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar