Rabu, 21 Januari 2015

FTP SERVER MENGGUNAKAN XAMPP



File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalahsuatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client. File Transfer Protocol atau yang dalam bahasa indonesia berarti Protokol Pengiriman Berkas. Sesuai dengan namanya, FTP ini berfungsi untuk melakukan Pengunduhan (Download) file dan Pengunggahan (Upload)  file kepada sebuah server. FTP juga merupakan protokol yang pertama kali di  kembangkan dan masih tetap digunkan hingga saat ini.


Banyak orang yang mengira bahwa FTP itu tidak/kurang berperan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendownload dan mengupload file hanya menggunkan web biasa saja. Pernyataan diatas amatlah keliru, pada kenyataan teknis nya, ketika kita sedang melakukan proses download dan upload melalui sebuah website, tanpa sadar kita sebenarnya telah menggunakan protokol FTP.

Langkah-langkah

Pertama-tama pastikan anda sudah terkoneksi dalam satu jaringan yang sama.
Kemudian pastikan XAMPP sudah terinstall dengan baik di PC anda.
Kemudian buka XAMPP control panel. kemudian centang Svc pada FileZilla lalu start. Jika berhasil, maka akan ada tulisan Running disebelah tulisan FileZilla. Tampilannya seperti berikut :



Pilih Admin pada pilihan FileZilla, kemudian tekan OK.


Kemudian pilih menu Edit >>>Users.


Kemudian muncul jendela Users, pilih Add >>> dan buat nama user sendiri.


Selanjutnya pilih page Shared Folders untuk shared file atau folder yang akan di shared dan pilih folder yang akan di shared.


Jika sudah berhasil, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :



kemudian menguji folder yang di shared








Tidak ada komentar:

Posting Komentar