Kamis, 08 Januari 2015

KOFIGURASI NAT



Network Address Translation (NAT) adalah proses di mana perangkat jaringan, biasanya firewall, memberikan alamat publik ke komputer (atau kelompok komputer) dalam jaringan lokal. Penggunaan utama dari NAT adalah untuk membatasi jumlah alamat IP publik Suatu organisasi atau perusahaan menggunakan IP Publik, baik untuk tujuan ekonomi atau tujuan keamanan.

NAT adalah pemetaan (translasi) alamat IP sehingga banyak IP private dalam sebuah LAN dapat mengakses IP Publik, dimana kita ketahui bahwa IP private hanya digunakan dalam LAN dan tidak bisa digunakan untuk IP publik. Melalui proses inilah, banyak komputer dapat mengakses internet karena adanya mekanisme NAT tersebut.

Intinya adalah, NAT mentranslasikan ip private seolah-olah  mengakses sebuah alamat host di internet menggunakan IP publik. Tanpa hal ini, tidak mungkin komputer lokal dapat mengakses internet. Sebagaimana juga diketahui alamat IP publik sudah semakin menipis, dan rencana kepada next generation melalui IPv6 sudah dilakukan, maka penggunaan NAT dirasakan sangat efektik, terutama dalam alokasi IP Address.

Sambungkan salah satu komputer anda dengan router. Lalu lakukan konfigurasi sebagai server. Menggunakan IP network untuk Ether-2 yaitu 192.168.80.0/24 dan IP network Ether -1 yaitu 10.9.0.0/24.


 Dengan caraKlik tanda " + " pada bagian kiri atas tampilan untuk menambahkan DHCP Client baru. sesuaikan dengan port yang digunakan ether 3.


kemudian mengapply dalam waktu beberapa detik akan mendapatkan ip dinamic 172.16.30.16.


Kemudian masuk ke menu IP lalu klik Firewall.



Menghasilkan tampilan Firewall dan mengklik tab NAT pada gambar berikut :




 Kemudian Klik " + " untuk membuat NAT rule baru dan menyesuaikan Out interface Ether 3.



Pilih Masquerade Klik OK.


Jika sudah selesai maka akan tampil, tampilan bahwan konfigurasi NAT pada router mikrotik ini berhasil. Komputer yang anda hubungkan dengan router tadi sudah bisa terhubung internet ke luar. Anda dapat mencoba nya dengan ping google melalui comman prompt.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar